nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tren Batu Akik Produk Rekayasa Ekonomi

Bramantyo, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2015 06:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 13 320 1118179 tren-batu-akik-produk-rekayasa-ekonomi-xpud8v9wVu.jpg Ilustrasi pedagang batu akik. (Foto: Okezone)
SOLO - Maraknya perdagangan akik yang begitu fenomenal terjadi hampir di seluruh masyarakat di Indonesia. Namun, tren batu akik ini dipertanyakan, lantaran dianggap salah satu aspek dari rekayasa ekonomi.

Pengamat sosial dari UNS, Tunjung W Sutirto, mengatakan bahwa akibat dari rekayasa ekonomilah, yang membuat demam akik semakin booming. Bahkan, dari gejala sosial yang terlihat waktunya akan lumayan panjang.

"Pasti ada kekuatan tertentu yang melakukan hal tersebut, terkait rekayasa ekonomi. Dan siapa itu adalah pertanyaan yang sulit untuk di jawab" jelas Tunjung saat ditemui okezone, di Solo, Jawa Tengah.

Dia yakin, fenomena akik tersebut memang merupakan hasil rekayasa. Menurutnya, rekayasa pada batu akik ini, sama dengan yang merekayasa kenaikan harga beras sampai sedemikian tinggi, termasuk mempermainkan harga komoditas lainnya.

Menurut dia, fenomenma Akik ini seperti yang terjadi pada anthurium jemani, ikan arwana, burung namun kemudian merosot. "Fenomena seperti akik misalnya jangka waktunya tidak bisa di prediksi," tukas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini