nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Transaksi Pasar Modal RI Didominasi Investor Domestik

Raisa Adila, Jurnalis · Minggu 15 Maret 2015 09:44 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 15 278 1118785 transaksi-pasar-modal-ri-didominasi-investor-domestik-TkF0FCoM6B.jpg Ilustrasi: Okezone
BALI - Transaksi pasar modal di Indonesia disebut didominasi oleh investor dalam negeri. Oleh karena itu, peran investor lokal sangat penting terhadap tingginya pertumbuhan perekonomian.

"Tahun lalu dari segi transaksi perdagangan 59 persen lokal, dan 41 persen asing," ungkap Direktur Utama Bursa Efek Indonesia (BEI) Ito Warsito di Jimbaran.

Ito menambahkan, pihak investor lokal lebih memilih melakukan investasi jangka pendek. Sementara itu, investor asing lebih memilih investasi jangka panjang.

"Jadi itu cuma perbedaan fokus investasi. Lokal lebih aktif ke investasi jangka pendek, jadinya keuntungan investor asing lebih besar daripada lokal," kata dia.

Namun, ke depannya Ito berharap investor dalam negeri dapat memilih investasi jangka panjang sehingga saham kepemilikan dapat dipegang oleh warga negara Indonesia. Pihaknya, akan melakukan sosialisasi lebih dalam dan edukasi di pasar modal.

"Kita akan mendorong mereka bertransaksi lebih banyak," ucap dia.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini