Pertamina Akan Prioritaskan Karyawan Total di Mahakam

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Senin 16 Maret 2015 16:48 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 16 19 1119364 pertamina-akan-prioritaskan-karyawan-total-di-mahakam-RiFQTLA1vQ.jpg Gedung Pertamina. (Foto: Okezone)
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) memberikan kesempatan bagi para karyawan Total E&P untuk bekerja dalam eksplorasi Blok Mahakam. Pasalnya, kebanyakan pegawai Total merupakan masyarakat Indonesia.

"Rekrut mantan pegawai Total tidak masalah, tetapi juga ajak institusinya. Meneruskan kontrak, dan orang-orang bekerja di Pertamina," ungkap Koordinator Gerakan Indonesia Bersih (GIB) Adhie M Massardi di Jakarta, Senin (16/3/2015).

Adhie menjelaskan, sebaiknya Pemerintah harus melakukan diskusi dengan Dewan Perwakilan Daerah (DPR) serta Pertamina, terkait kelanjutan pengambilalihan Blok Mahakam.

Pasalnya, dalam Undang-Undang 1945 pasal 33 berisi Bumi, air dan kekayaan alam dikuasai oleh negara dan dipergunakan untuk sebesar-besarnya kemakmuran rakyat. Adapun lembaga yang dimaksud, yakni antara pemerintah dan pihak DPR selaku pemberi kebijakan.

"Selama ini kita tidak pernah bisa kontrol eksplorasi Blok Mahakam karena Pemerintah Indonesia hanya dapat pajaknya saja. Sementara minyaknya dikontrol oleh mereka," kata dia.

"Memang kalau mau wajar ini kan hubungannya antara pemerintah, DPR dan Pertamina harus adakan diskusi ini mau di apa kan kelanjutannya, dalam UU yang dikuasai oleh negara ini kan maksudnya antara pemerintah dan DPR," pungkas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini