nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

11 Pemenang Wilayah Kerja Migas Wajib Setor USD12 Juta

ant, Jurnalis · Rabu 18 Maret 2015 14:36 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 18 19 1120406 11-pemenang-wilayah-kerja-migas-wajib-setor-usd12-juta-d2ltJ5pV4A.jpg 11 Pemenang Wilayah Kerja Migas Wajib Setor USD12 Juta (Ilustrasi: Reuters)

JAKARTA - Direktorat Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM mengumumkan 11 pemenang lelang wilayah kerja migas konvensional dan nonkonvensional melalui penawaran langsung dan reguler dalam Tahap I 2014.

Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I Gusti Nyoman Wiratmaja mengatakan total komitmen pasti eksplorasi dari 11 pemenang lelang adalah berupa studi komitmen eksplorasi sebesar USD144,25 juta.

Sedangkan bonus tanda tangan atau "signature bonus" yang diterima langsung oleh pemerintah adalah sebesar USD12 juta.

"Kami minta sebelum penandatanganan kontrak, mohon diselesaikan kewajiban membayar bonus tanda tangan kepada pemerintah sebesar yang sudah disanggupi," katanya, Jakarta, Rabu (18/3/2015).

Menurut Wira, pembayaran bonus tanda tangan dilakukan di awal guna menjamin komitmen pelaksanaan kegiatan eksplorasi dan eksploitasi.

"Diharapkan April nanti para pemenang sudah tanda tangani kontrak dengan terlebih dulu bayar signature bonus, kalau tidak bayar, tidak bisa tanda tangan kontrak," ucapnya.

Ada enam pemenang lelang penawaran langsung dan dua pemenang lelang reguler wilayah kerja migas konvensional tahap I tahun 2014 untuk periode 2 Juni 2014 hingga 16 Juli 2014.

Jumlah wilayah kerja yang ditawarkan adalah delapan wilayah kerja, sementara jumlah bid document yang dibeli adalah 13 dokumen untuk delapan wilayah kerja yaitu North Central Java Offshore, Kualakurun, Garung, Offshore Pulau Moa Selatan, Dolok, Southeast Papua, Abar dan Anggursi.

"Blok Dolok, tidak ada pemenangnya. Sementara North Central Java Offshore yang diusulkan Petro Java International tidak bisa mengikuti lelang," paparnya.

Berikut nama wilayah kerja dan pemenang lelang:

1. Wilayah kerja Kualakurun, Kalimantan Selatan, dimenangkan oleh konsorsium Petronas Carigali International E&P BV dan PT Petcon Resources.

2. Wilayah kerja Garung, Kalimantan Tengah, dimenangkan oleh PT Mentari Abdi Pertiwi.

3. Wilayah kerja Offshore Pulau Moa Selatan, Maluku, dimenangkan oleh Shell Exploration Company BV.

4. Wilayah kerja Southeast Papua, Papua, dimenangkan konsorsium PT Gema Terra dan Transform Exploration Pte Ltd.

5. Wilayah kerja Abar, Jawa Barat, dimenangkan PT Pertamina (Persero).

6. Wilayah kerja Anggursi, Jawa Barat, juga dimenangkan PT Pertamina (Persero).

Ada pun komitmen pasti eksplorasi eksplorasi enam pemenang itu adalah tiga tahun masa eksplorasi dengan total investasi USD36,325 juta dan bonus tanda tangan USD6 juta.

Dua pemenang lelang reguler wilayah kerja migas konvensional yakni Petronas Carigali International E&P BV untuk Blok North Madura II, Jawa Timur dan Statoil ASA untuk Blok Aru Trough I di Kepulauan Aru.

"Total investasi komitmen eksplorasi untuk tiga tahun adalah sebesar USD70,9 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD3 juta," ujarnya.

Sementara itu, tiga pemenang lelang penawaran langsung wilayah kerja migas non konvensional tahap I 2014 periode 23 Juni - 6 Agustus 2014 adalah sebagai berikut:

1. Blok Palmerah, di Sumatera Selatan-Jambi, dimenangkan oleh konsorsium Bukit Energy Resources Palmerah Deep Pte Ltd - New Zealand Oil dan Gas Ltd - PT SNP Indonesia - Bumi Perdana Energy Ltd - Glory Wealth Pacific Ltd.

2. Blok Sakakemang, Sumatera Selatan, dimenangkan konsorsium Bukit Energy Indonesia Pte Ltd dan Pertamina (Persero).

3. Blok Selat Panjang, Riau, dimenangkan oleh Petroselat Ltd.

"Total investasi komitmen eksplorasi adalah USD37,025 juta dan bonus tanda tangan sebesar USD3 juta untuk tiga tahun," tutur Wira.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini