Share

Indocement Anggarkan Belanja Modal Rp5-Rp5,5 T

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Kamis 19 Maret 2015 19:25 WIB
https: img.okezone.com content 2015 03 19 278 1121208 indocement-anggarkan-belanja-modal-rp5-rp5-5-t-E8xHNMCgBw.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Antara)
JAKARTA - PT Indocement Tunggal Prakarsa Tbk (INTP) menganggarkan dana belanja modal atau capital expenditure (capex) sebesar Rp5-Rp 5,5 triliun. Angka ini sedikit mengalami kenaikan dibandingkan anggaran tahun sebelumnya.

"Tahun lalu capex kami Rp 3,9 triliun hingga Rp 4 triliun. Tahun ini kami anggarkan Rp 5 triliun hingga Rp 5,5 triliun," tutur Direktur Utama Indocement Christian Kartawijaya di Jakarta, Kamis (19/3/2015).

Christian menjelaskan, dana capex yang diinvestasikan perseroan tahun ini akan diambil dari dana kas internal perseroan. Menurutnya, perseroan saat ini masih memiliki kas sebesar Rp11,3 triliun.

"Dengan rata-rata Ebitda Rp5-Rp6 triliun setiap tahun. Jadi dana capex seluruhnya akan kami alokasikan dari kas internal," imbuh dia.

Menurut dia, sebagian dana itu akan dipergunakan perseroan untuk menyelesaikan proses pembangunan pabrik P-14 yang berlokasi di Citereup dengan kapasitas 4,4 juta ton. "Dana untuk pembangunan pabrik P-14, yang kami targetkan akan selesai pada akhir 2015 ini," jelasnya.

Sementara itu, sisa dana yang dipergunakan dalam pembangunan pabrik tersebut. Rencananya akan dipergunakan untuk modal kerja perseroan di tahun ini. "Jadi untuk modal kerja itu dari sisa dana setelah penyelesaian pembangunan pabrik. Ini untuk menyiasati penurunan harga yang kami derita," pungkas dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini