nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kenaikan Harga BBM Tunggu Kepulangan Jokowi

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2015 16:44 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 03 25 19 1124165 kenaikan-harga-bbm-tunggu-kepulangan-jokowi-yIWB2QH31i.jpg Presiden Joko Widodo (Jokowi) (Foto: Okezone)

JAKARTA – Penyesuaian harga bahan bakar minyak (BBM) jenis premium dan solar untuk April 2015 menunggu kepulangan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Tanah Air. Saat ini Jokowi tengah melakukan kunjungan kerja ke China dan Jepang.

"Kita tunggu saja (Jokowi) pulang," ucap Pelaksana Tugas Dirjen Migas I Gusti Nyoman Wiratmaja Puja di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Rabu (25/3/2015).

Pasalnya, beredar kabar bahwa harga BBM untuk April akan naik sebesar Rp200 per liter. Wiratmaja pun membantah kabar tersebut. Dirinya menyerahkan keputusan itu kepada Menteri ESDM Sudirman Said.

"Tunggu pimpinan (Menteri ESDM) yang nanti menyampaikan press release," imbuhnya.

Menurut Wiratmaja, dalam penghitungan harga BBM akan melihat kondisi rata-rata nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS), harga minyak dunia, hingga inflasi dalam satu bulan.

"Kalau dari sisi harga minyak dunia kan ada perbedaan naik rata-rata. Kita per bulan naik, tapi dolar AS turun. Tapi, pimpinan akan melihat kondisi ekonomi sosial. Kalau waktunya belum dinaikkan, mungkin enggak naik. Tapi kalau saatnya naik, ya naik," imbuhnya.

Dalam menentukan harga baru BBM, Wira menyebut pemerintah melakukan evaluasi setiap satu bulan. Namun, pengumuman kenaikan bisa saja terjadi di pertengahan bulan.

"Evaluasinya kan setiap sebulan, minimum satu kali, tapi bisa dua kali. Artinya, enggak harus tanggal 1," ungkapnya.

Saat ditanya kondisi saat ini apakah harga BBM akan kembali naik pada April, Wira enggan menjawabnya.

"Tunggu pimpinan, kan pimpinan lebih bijak. Tapi kalau hitungan teknis ada teknis begitu, tapi pimpinan lebih bijak," jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini