nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Jokowi Dijanjikan Toyota Investasi Rp20 Triliun di RI

Fakhri Rezy, Jurnalis · Rabu 25 Maret 2015 14:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 03 25 320 1124055 jokowi-dijanjikan-toyota-investasi-rp20-triliun-di-ri-Pa1tt2hVxN.jpg Jokowi Dijanjikan Toyota Investasi Rp20 Triliun di RI (Jokowi saat kunjungan ke Toyota: Situs Setkab)

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta perusahaan Toyota agar Indonesia menjadi product service khusus untuk ekspornya. Hal tersebut dilakukan saat kunjungan Jokowi bertemu dengan presiden Toyota Motor Akio Toyoda.

Menurut Jokowi, pihak Toyota telah menyanggupi ekspor ditingkatkan tiga kali lipat dari yang sekarang, baik komponen maupun yang mobilnya atau paling tidak sama dengan Thailand.

“Sekarang Thailand tujuh ratus ribuan, di Indonesia baru dua ratus ribuan, tadi komitmennya itu. Tapi dia (Presiden Toyota) juga minta agar dibantu visa kerja, angkutan barang dari pabrik ke pelabuhan, ketiga masalah berurusan berkaitan dengan pelabuhan,” papar Jokowi, dikutip dari laman Setkab, Jakarta, Kamis (25/3/2015).

Presiden melanjutkan, Toyota sudah menyampaikan bahwa akan berinvestasi Rp 20 triliun. “Kalau ini masuk, yang lain akan ikut karena ini bangun kepercayaan,” ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut, Presiden dan rombongan melakukan peninjauan pada bagian Assembly Line milik Toyota, dan menjumpai 36 orang pekerja dari Toyota Indonesia yang tengah menjalani pelatihan di sana.

“Belajar yang rajin ya,” pesan Presiden Jokowi kepada para pekerja Toyota asal Indonesia itu.

Ikut mendampingi Presiden Jokowi dalam kunjungan tersebut adalah Menko Perekonomian Sofyan Djalil, Seskab Andi Widjajanto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Menteri Perdagangan Rahmat Gobel, dan Menteri BUMN Rini Sumarmo.

Kegiatan tersebut mengakhiri seluruh rangkaian kegiatan kunjungan kenegaraan dan kunjungan kerja Presiden selama di Jepang. Selanjutnya Presiden Jokowi didampingi Ibu Negara Iriana dan rombongan akan melanjutkan kunjunganya ke Beijing, Republik Rakyat Tiongkok, melalui Bandar Udara Internasional Chubu Centrair Nagoya, Jepang.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini