Lahan Pertanian Akan Terkikis Pelabuhan Cilamaya

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Kamis 02 April 2015 16:09 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 02 320 1128248 lahan-pertanian-akan-terkikis-pelabuhan-cilamaya-b3YLLkMZBM.jpg Ilustrasi pelabuhan. (Foto: Antara)
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum-Perumahan Rakyat (PU-Pera) Basuki Hadimuljono mengaku belum mengetahui soal pembatalan proyek pembangunan Pelabuhan Cilamaya. Pasalnya, dia tidak ikut dalam kunjungan ke Cilamaya tersebut.

Menurut dia, memang ada plus minus dari perpindahan tempat pelabuhan tersebut. Pasalnya, di sana akan banyak lahan pertanian yang digunakan.

"Minusnya karena lahan pertanian pasti akan berkurang, padahal lahan pertanian teknis kelas satu di Indonesia, Jatiluhur," kata dia saat ditemui di Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Kamis (2/4/2015).

Namun, jika pelabuhan tersebut dibangun, pasti akan ada akeses yang memadai, dengan demikian, maka akan tumbuh permukiman dan usaha lain. "Kalau saya cuma itu, bersama dengan pertanian, pasti akan mengurangi lahan pertanian," tukasnya.

Sebelumnya, Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam menyatakan bahwa Presiden Jusuf Kalla (JK) memutuskan untuk menggeser lokasi pembangunan pelabuhan Cilamaya ke lokasi yang lebih ke timur.

Menurutnya, keputusan tersebut dibuat JK usai berkumpul di balai desa bersama dengan Kemenhub, dan memaparkan tentang Cilamaya, dan concern apa yang akan terjadi apabila tetap dibangun.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini