Meski Ramai Pengunjung, Peserta Inacraft Akui Omzet Menurun 20%

Feby Novalius, Jurnalis · Minggu 12 April 2015 14:06 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 12 320 1132835 omzet-peserta-inacraft-2015-menurun-hingga-20-persen-yStxmf5DgS.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Peserta pameran Inacraft 2015 mengeluhkan penurunan omzet yang didapat mereka dari penjualan tahun ini. Adapun salah satu penyebab dari menurunnya pendapatan para kerajinan kurangnya promosi hingga pergeseran jadwal pameran yang dilakukan oleh pihak penyelenggara.

Hal tersebut dikeluhkan oleh salah satu peserta pameran kerajinan tangan, Widi. Pengrajin kerajinan tangan khas Bali ini mengeluhkan penurunan omzet hingga 20 persen.

"Pameran tahun ini mengalami penurun pemasukan, karena kan ada perubahan jadwal Inacraft yang dimajukan tanggalnya," ucap Owner Manacika Bali , Widi kepada Okezone, Minggu (12/4/2015).

Menurutnya, jika tanggal pameran ini dimajukan pada awal bulan, penurunan omzet ini tidak akan terjadi. "Untuk tahun-tahun dulu pameran Inacraft selalu akhir bulan April," ucapnya.

 

Selain pergeseran jadwal pameran, lanjut Widi, penurunan omzet ini juga terjadi karena kurangnya promosi yang dilakukan pihak penyelenggara untuk acara ini. Alhasil, jumlah pengunjung yang datang pun tak seramai seperti tahun-tahun sebelumnya.

"Promosinya kurang. Harapan saya untuk ke depannya lebih ditingkatkan dan digencatkan promosinya, agar pengunjung yang datang banyak sehingga daya belinya juga meningkat," tuturnya.

Mancika Bali sendiri, kata Widi, telah mengikuti pameran Inacraft selama delapan kali. Adapun produk yang dijualnya adalah beragam lukisan dan kerajinan tangan asli dari Bali.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini