Lei Jun, Steve Jobs Made in China

Raisa Adila, Jurnalis · Jum'at 17 April 2015 20:13 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 17 213 1135796 lei-jun-steve-jobs-made-in-china-5IQzSqtVHf.jpg Bos Xiaomi Lei Jun. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Berpenampilan kasual dan sering memakai kaos serta celana jeans, Lei Jun kerap dibandingkan dengan mendiang Steve Jobs. Bagaimana tidak, keduanya sama-sama menjual smartphone, sama-sama memiliki perusahaan raksasa, dan sama-sama inventor produk-produk baru.

CEO smartphone Xiaomi ini pun mendapat julukan Raja Smartphone di negeri tirai bambu tersebut. Bukan tanpa sebab, dia berhasil menjual ponsel pintarnya sebanyak 2,1 juta hanya dalam waktu kurang dari 12 jam.

Bahkan saat ini Apple tidak bisa melakukan ekspansi yang cepat, setara dengan Xiaomi dalam lima tahun terakhir. Tak heran, melansir Time, Jumat (17/4/2015), Lei Jun pantas masuk ke dalam jajaran 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Langkah Lei Jun dalam menjajakan 2,1 juta ponsel ini pun patut diapresiasi, ketimbang menyewa pihak ketiga yang dapat menurunkan omzetnya, dia menjual posel-ponsel tersebut secara langsung. Harga perusahaan Xiaomi pun ditaksir mencapai USD46 juta, dan menjadi perusahaan teknologi paling berharga.

Meski demikian, Kritikus berpendapat bahwa handset murah Lei terlalu meniru Apple, seperti ponsel Mi dan tablet Mi Pad. Meski demikian, hal ini tidak menyurutkan niat investor.

Produk-produk Xiaomi dipromosikan via media sosial dan rekomendasi-rekomendasi dari pengguna. Pendekatan itu telah membantu Xiaomi menjual 100.000 unit ponsel dalam waktu 90 detik tahun lalu.

Kesuksesan Lei juga didorong karena keunggulan spesisifkasi Xiaomi disertai dengan harga yang cukup terjangkau. Lei akhirnya didaulat sebagai salah satu orang terkaya di China.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini