Menkeu: Memang Ada Negara Maju Ekspor Mineral Mentah?

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 18:17 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 21 20 1137859 menkeu-memang-ada-negara-maju-ekspor-mineral-mentah-w1HrQM6INA.jpg Menkeu Bambang PS Brodjonegoro (Foto: Okezone/Arief)
JAKARTA - Larangan ekspor bijih pertambangan di Indonesia diklaim bukanlah bentuk hambatan dalam menjalankan pasar bebas di ASEAN (MEA). Bahkan, kebijakan tersebut dianggap sebagai arah menuju kemajuan suatu negara.

"Saya kurang setuju dengan pernyataan kalau ini (larangan ekspor mineral mentah) merupakan hambatan atau bentuk dari perfeksionis suatu negara," ucap Menteri Keuangan Bambang PS Brodjonegoro dalam World Economic Forum (WEF) di Hotel Shangri-La Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Dalam diskusi tersebut, Bambang menyebutkan, Indonesia merupakan negara yang sangat terbuka. Hanya saja, dalam ketentuan melakukan ekspor memang harus melewati proses tertentu.

Saat ini pemerintah memang mengeluarkan kebijakan pelarangan ekspor mineral dan batu bara (minerba) dalam bentuk mentah. Hal ini demi mendukung sektor manufaktur di Indonesia. Dia mengatakan, dengan pengolahan, maka ekspor tersebut dipastikan akan memberikan nilai tambah yang besar.

"Bisa tidak ada yang tunjukkan kepada saya, negara maju yang melakukan ekspor mentah, kecuali minyak?" pinta Bambang.

Menurutnya, tidak ada negara maju yang melakukan ekspor barang mentah kepada negara lain. "Yang ekspor minyak pun bukan negara maju, hanya menjadi negara berpenghasilan besar," kata dia.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini