Kondisi Infrastruktur Mencerminkan Sebuah Negara

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 10:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 04 21 320 1137527 kondisi-infrastruktur-mencerminkan-sebuah-negara-84nGhTWqAp.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA – Pembangunan infrastruktur merupakan cerminan dari perekonomian negara yang kuat. Namun, hal yang mendasar tersebut seringkali menjadi masalah yang sulit diselesaikan bukan hanya Indonesia, tapi juga negara Asia lainnya.

Menteri Energi Thailand Narongchai Akrasanee mengakui, negaranya sudah sejak lama menghadapi permasalahan pembangunan infrastruktur. Padahal, pihaknya sudah sangat serius untuk membangun infrastruktur.

"Kami pernah menyelenggarakan satu konferensi besar yang membahas infrastruktur. Tapi, sampai sekarang masih sedikit yang terlaksana dari pembahasaan itu," ujarnya dalam diskusi bertajuk ‘Pumping Asia's Infrastructure Pipeline’ di World Economic Forum (WEF) Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Menurutnya, kurang efektifnya realisasi dari pembangunan infrastruktur seringkali dihadapi oleh negara-negara di Asia. Hal itu disebabkan banyak hal, mulai dari permasalahan keuangan, dampak lingkungan hingga politik.

"Banyak pengaruh politik, orang-orang banyak yang menyatakan haknya dalam pembangunan infrastruktur. Swasta dilibatkan untuk ini tidak untuk gratisan, untuk dapat keuntungan. Yang paling penting biaya yang digunakan akhir, sering kali ini menjadi permasalahan bagaimana mengenakan biaya untuk pengguna infrastruktur tersebut," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini