nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Perusahaan RI Sulit Saingi Jepang karena Tingginya Suku Bunga

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 10:39 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 21 320 1137531 perusahaan-ri-sulit-saingi-jepang-karena-tingginya-suku-bunga-qitmVew3dp.jpg Gedung BI. (Foto: OKezone)
JAKARTA - Pertumbuhan perusahaan di Indonesia memang tidak secepat di Jepang. Pasalnya, selain infrastruktur yang masih terbatas, Indonesia juga masih terhambat dengan tingginya biaya pinjaman.

Wakil Presiden PT Indika Energy Tbk (INDY) Wishnu Wardhana mengatakan sulit bagi perusahaan Indonesia untuk mempertahankan pertumbuhan tinggi, mengingat saat ini tingkat suku bunga di Indonesia sangat tinggi.

"Di Indonesia sulit mencapai return yang besar bagi perusahaan, jadi kita akan sulit bagi perusahaan untuk menjaga pertumbuhan," kata dia di acara Pumping Asia's Infrastructure Pipeline, World Economic Forum on East Asia 2015, di JCC, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Wakil Ketua Umum Bidang Energi dan Migas ini menambahkan, perusahaan di Indonesia punya kesempatan untuk berkembang seperti di Jepang. Sayangnya, di Indonesia tidak didukung dengan tingkat suku bunga yang rendah, sehingga menyulitkan perusahaan untuk tumbuh dobel digit.

"Untuk mencapai 10-11 persen return sangat sulit untuk Indonesia, karena tingkat biaya pinjaman (suku bunga) yang tinggi," tambah dia.

Sekadar informasi, Indonesia memiliki tingkat suku bunga acuan yang paling tinggi di Asia Tenggara (ASEAN). Implikasinya, maka likuiditas dari perbankan tersebut akan semakin ketat.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini