nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Mendag dan Perusahaan Bir Sepakat Atur Distribusi Penjualan

Danang Sugianto, Jurnalis · Selasa 21 April 2015 19:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 21 320 1137921 mendag-dan-perusahaan-bir-sepakat-atur-distribusi-penjualan-No5ZZQ5mHm.jpg Mendag dan Perusahaan Bir Sepakat Atur Distribusi Penjualan (Rachmat Gobel: Okezone)

JAKARTA - Setelah bertemu dengan dua pemimpin perusahan bir dunia yakni Heneiken dan Diageo, akhirnya Menteri Perdagangan Rachmat Gobel sepakat untuk mengatur ulang pendistribusian minuman beralkohol.

"Akhirnya kita sepakat, untuk meminta mengatur kembali siistem distribusi mereka. Harus tercatat dan terkendalikan, enggak boleh dilepas begitu saja kepada distributor," tutur Gobel di Hotel Shangri La, Jakarta, Selasa (21/4/2015).

Untuk itu, lanjutnya, pemerintah berencana akan mengeluarkan izin khusus peredaran minuman beralkohol. Izin tersebut nantinya akan diberikan kepada distributor tunggal hingga penjual resmi minuman beralkohol.

"Kita keluarkan juga izin khusus minuman beralkohol. Ini step selanjutnya yang kita lakukan," imbuhnya.

Namun, Gobel mengatakan, untuk izin tersebut pemerintah masih akan mengkaji dengan menggandeng para produsen minuman beralkohol. Hal itu dilakukan agar mencapai kesepakatan sistem distribusi yang baru.

"Jadi ini masih kita pelajari, tapi tentu untuk ini kita libatkan juga produsennya atau pemegang agen tunggalnya. Kita atur kembali sistem distribusinya musti jelas, jangan dilepas begitu saja," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini