nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Akhirnya Tol Trans Jawa Dilanjutkan Setelah Mangkrak 20 Tahun

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 24 April 2015 18:53 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 04 24 320 1139635 akhirnya-tol-trans-jawa-dilanjutkan-setelah-mangkrak-20-tahun-ZpJXWon8XY.jpg Ilustrasi jalan tol. (Foto: Okezone)
JAKARTA - PT Waskita Karya Tbk (WSKT) akan melanjutkan pembangunan dua ruas jalan tol Trans Jawa. Namun, untuk meneruskan pembangunan tol tersebut, dibutuhkan dana tambahan yang bisa diperoleh dari right issue atau penerbitan saham baru.

"Dua ruas tersebut, antara lain Pemalang-Batang dan Batang-Semarang," ucap Direktur Utama Waskita Karya M Choliq di Gedung DPR Jakarta, Jumat (24/4/2015).

Dia mengatakan, perseroan akan mengantongi Penyertaan Modal Negara (PMN) melalui rights issue sebesar Rp3,5 triliun. Dengan aksi korporasi ini akan meraup dana publik Rp1,8 triliun.

"Fokusnya menyelesaikan pembangunan tol yang macet di Jawa. Dari seluruh Trans Jawa, tinggal dua paket yakni Pemalang-Batang sepanjang 39 km dan Batang-Semarang membentang 75 km,"ucapnya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pembangunan ruas tol Trans Jawa yang mangkrak selama 20 tahun ini, terjadi karena masalah pembebasan lahan. "Untuk itu, kami akan melakukan pendekatan dengan pemilik konsensi lama secara bisnis to bisnis," jelas dia.

Menurutnya, jika dua paket ini tersambung, maka ruas tol Trans Jawa Merak-Pasuruan yang tersambung dan selesai pada akhir 2018. Masalahnya, Trans Jawa sudah lebih dari 20 tahun mangkrak.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini