nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Penjualan Minuman Alkohol Dilarang, Industrinya Jalan Terus

ant, Jurnalis · Minggu 26 April 2015 16:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 04 26 320 1140236 penjualan-minuman-alkohol-dilarang-industrinya-jalan-terus-yw8vLGoF4G.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

MANADO - Kementerian Perdagangan mengeluarkan aturan terkait larangan penjualan minuman alkohol di bawah 5 persen terlarang untuk diedarkan di minimarket dan peritel kecil. Sejumlah kalangan pun berpendapat dampak dari pelarangan ini akan membuat industri minuman alkohol di Indonesia akan terhambat.

Namun, Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Joubert Maramis justru berpendapat pelarangan penjualan minuman berakohol ini tidak akan menghambat industri minuman beralkohol.

"Larangan ini tidak menghambat industri minol bahkan memberikan kebebasan menjual di tempat-tempat tertentu yang telah ditentukan seperti hotel, restoran dan cafe," kata Pengamat Ekonomi Universitas Sam Ratulangi Manado Joubert Maramis, Minggu (26/4/2015).

Alasan lainnya, lanjut dia, yaitu kebanyakan turis asing yang berlibur ke Indonesia lebih suka ke cafe, pub dan klub malam untuk mengonsumsi minuman beralkohol. Sehingga juga tidak akan berpengaruh pada sektor pariwisata.

"Saya rasa sektor pariwisata tidak berpengaruh dengan kebijakan tersebut, karena sebagian besar wisatawan asing lebih suka konsumsi minuman beralkohol di cafe bukan minimarket," tambahnya.

Dia mengatakan sisi baiknya pelarangan ini adalah terbatasnya minuman alkohol di pasaran bebas dan masyarakat umum.

"Namun coba kita jujur mana yang membuat banyak orang mabuk, minuman bermerek yang dijual di supermarket atau minuman oplosan dan tradisional?," katanya.

Tidak hanya itu, bukan hanya sekadar melarang, tipe minuman ini juga harus diatur, karena lebih banyak masyarakat lapisan bawah yang konsumsi kedua minuman tersebut.

Yang ditakutkan dari pelarangan ini, jika tanpa diikuti kontrol minuman oplosan dan tradisional akan menyebabkan produksi dan konsumsi jenis minuman tradisional menjadi lebih tinggi.

(mfa)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini