Image

Harga Pertalite Rentan Intervensi Mafia Migas

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Rabu 29 April 2015, 22:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 29 19 1141954 harga-pertalite-rentan-intervensi-mafia-migas-E0ketwcETu.jpg Ilustrasi: Okezone

JAKARTA - PT Pertamina (Persero) akan mengeluarkan produk bahan bakar minyak (BBM) baru Pertalite yang menggantikan Premiun. BBM Pertalite memang merupakan BBM jenis baru dengan kadar RON 90, di atas Premium (RON 88) namun masih di bawah Pertamax (RON 92).

Pemerintah, melalui PT Pertamina (Persero) memperkirakan harga BBM Pertalite dikisaran Rp7.400-Rp8.500 per liter. Harga yang ditawarkan terbilang lebih murah dibanidngkan dengan Pertamax.

Pengamat ekonomi Indef Ahmad Heri Firdaus mengatakan, dalam penerapan BBM Pertalite, diharapkan harus transparansi dalam menentukan harga.

"Harus ada transparansi penentuan harga BBM di bawah RON 92, itu tidak ada acuan," ujar Ahmad, Rabu (29/4/2015).

Ahmad melanjutkan, di negara-negara Asia Pasifik tidak ada jenis BBM RON 88 dan RON 90. Oleh karena itu sulit menentukan harga.

"Kalau tidak ada, maka rentan dengan mafia migas. Ini masih simpang siur, harga BBM Pertalite menjadi berpengaruh," ucapnya.

Dengan adanya penghapusan secara bertahap BBM Premium RON 88 tersebut, bukan tidak mungkin ada mafia migas yang bercokol dalam pengadaan Pertalite.

“Pasalnya, penentuan harga Pertalite belum 100 persen transparan dan belum ada harga yang bisa dipantau secara internasional,” jelasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini