nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pemda Diminta Bantu Amankan Minimarket Nakal

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Kamis 30 April 2015 18:21 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 04 30 320 1142707 pemda-diminta-bantu-amankan-minimarket-nakal-afA6qo0x4l.jpg Minuman beralkohol. (Foto: Reuters)
JAKARTA -Kementerian Perdagangan (Kemendag) mengimbau kepada Pemerintah Daerah (Pemda) untuk membentuk tim terpadu dalam melakukan pengawasan terhadap penyebaran minuman beralkohol (minol) berkadar di bawah 5 persen di daerahnya. Hal tersebut, untuk menghindari masih maraknya peredaran minuman alkohol yang tak sesuai aturan.

Dirjen Perdagangan Dalam Negeri (PDN) Kemendag Srie Agustina, mengatakan bahwa peredaran minuman beralkohol di supermarket harus dilakukan secara tertutup. Karenanya, penjualan harus memiliki duty free shop berupa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) Plus.

"Jadi kalau dia penjual langsung harus punya surat keterangan penjual langsung, sedangkan kalau pengecer juga harus punya surat keterangan pengecer cuma hanya yang kelas A," papar Srie di Kemendag, Jakarta, Kamis (30/4/2015).

Lebih lanjut Srie menjelaskan, saat ini masih ditemui beberapa distributor yang belum memiliki izin perdagangan minuman beralkohol kadar rendah sesuai aturan Kemendag. Untuk itu, Kemendag akan memberikan sanksi mulai dari pencabutan izin hingga tindak pidana.

"Karena sebetulnya ada dua temuan sanksi bagi pelanggaran, kalau dia menemukan tidak memenuhi aturan yang tadinya tempat penjualan tidak tertutup. Maupun misalnya pihak yang menjual di bawah 21 tahun, maka perizinannya dicabut tapi kalau ada pihak yang tidak memiliki izin perdagangan, maka akan dipidana," tandasnya.

Sekadar informasi, Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) No 06/M-DAG/PER/1/2015, minimarket dan pengecer dilarang memperjualbelikan minuman beralkohol (minol) berkadar di bawah 5 persen (golongan A) per 16 April 2015.

(mrt)

GRATIS! Uji kesiapanmu menghadapi SBMPTN 2019 di Tryout SBMPTN Online 2019. Daftar dan login DI SINI

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini