nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Kurangi Pengangguran, Pemerintah Harus Rajin Beri Insentif

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Kamis 07 Mei 2015 06:35 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 05 06 320 1145560 kurangi-pengangguran-pemerintah-harus-rajin-beri-insentif-dMoL9eBWHG.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Perlambatan ekonomi dalam negeri yang berdampak kepada sektor ketenagakerjaan Indonesia, harus segera diatasi oleh pemerintah. Terlebih, kondisi ini tidak hanya meningkatkan pengangguran terbuka, namun juga menambah pengangguran tertutup di dalam negeri.

Direktur Eksekutif Indef, Enny Sri Hartati, mengungkapkan bahwa pemerintah harus mengendalikan pertumbuhan ekonomi terlebih dahulu. Jika ingin mengurangi tingkat pengangguran di Indonesia, salah satunya memberikan insentif ke sektor-sektor yang dapat memberikan kontribusi bagi terciptanya lapangan pekerjaan.

"Sektornya industri UMKM atau apa pun itu usahanya kalau sifatnya hanya jasa dan kapital insentif walaupun tumbuh, tetapi tidak menciptakan lapangan kerja secara signifikan," jelas Enny kepada Okezone di Jakarta, Kamis (7/5/2015).

"Fokus terhadap berbagai macam upaya apa pun insentif fiskal dan insentif nonfiskal di antaranya ke sektor manufaktur yang padat karya," tambahnya.

Lebih lanjut dia menjelaskan, sektor unit usaha padat karya sebenarnya berpotensi untuk menyerap tenaga kerja hingga 96 persen. Oleh karena itu, pemerintah harus memberikan ruang iklim usaha yang sehat kepada para unit usaha kecil tersebut agar dapat berkembang serta berkontribusi dalam meningkatkan lapangan kerja.

"Tidak semuanya unit usaha korporasi harus juga masuk ke ranah-ranah yang menjadi bagian industri kecil. Berikan industri kecil akses pasar ke modern disisihkan 20 persen,untuk merek mereka masuk ke situ karena industri mikro kecil berpotensi untuk tumbuh," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini