nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Hati-Hati Peredaran Beras Plastik Asal China

Widi Agustian, Jurnalis · Kamis 14 Mei 2015 05:56 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 05 13 213 1149271 hati-hati-peredaran-beras-plastik-asal-china-oQ2BJ25fH3.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

BENGALURU – Sejumlah negara sedang dihebohkan oleh beras palsu asal China. Selain meresahkan China, kini penjualan beras plastik tersebut sudah menjalar ke berbagai tempat di India. Beras palsu tersebut terbuat dari bahan campuran kentang, ubi jalar, dan resin sintetis industri alias plastik.

Sejumlah beras plastik ini ditemukan dijual di pasar di distrik Kozhikode. Konsumen mengungkapkan beras plastik ini dijual dalam berbagai merek. Demikian dilansir dari Oneindia, Kamis (14/5/2014).

Banyak laporan, setelah mengkonsumsi beras tersebut, menimbulkan sakit perut dan banyak gejala lainnya. Penjualan beras plastik ini tidak bisa diprediksi, karena bercampur dengan beras normal.

Awalnya, beras palsu plastik ini dijual bebas di Kota Taiyuan, Provinsi Shaanxi, China. Beras itu memiliki tampilan yang sama dari kasat mata. Tetapi, saat dimasak beras itu akan terasa sangat keras dan sulit untuk dicerna.

Menurut asosiasi restoran China, memakan tiga mangkuk nasi palsu ini akan sama seperti memakan satu kantong plastik. Petugas berwenang China, diberitakan sudah melancarkan penyelidikan atas laporan ini.

Selain itu, keluhan mengenai beras palsu asal China juga sudah dilaporkan pada 2011. Beras palsu tersebut dijual secara online di Singapura dan China. (rzy)

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini