nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Realisasikan Ide Usaha, Lakukan Langkah Ringan Ini

Raisa Adila, Jurnalis · Senin 18 Mei 2015 05:52 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 05 15 320 1150359 realisasikan-ide-usaha-lakukan-langkah-ringan-ini-oYJ2CSvbD0.jpg Realisasikan ide usaha, lakukan langkah ringan ini. (Foto: Okezone)
JAKARTA – Memiliki usaha kini semakin banyak dilakukan banyak orang. Biasanya diawali dengan ide, namun jika digeluti dengan serius akan menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.
 

Untuk memulai usaha Anda, sangat penting untuk membuat rencana bisnis. Dengan membuat perencanaan bisnis tersebut, Anda dapat mengidentifikasi tujuan dan rencana masa depan Anda dengan jelas.

Membuat perencanaan bisnis juga tidak membutuhkan waktu berhari-hari. Anda hanya perlu meluangkan waktu sekira dua hingga tiga jam. Berikut cara membuat rencana bisnis yang efisien dan singkat, seperti dilansir dalam artikel berjudul How to Write a Simple Business Plan oleh pakar bisnis Alyssa Gregory.

1. Uraikan visi yang Anda miliki untuk bisnis Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Produk apa yang ingin Anda buat? Bisnis seperti apa yang ingin Anda lihat dalam satu hingga lima tahun?

2. Cari tau misi Anda serta alasan dan tujuan dimulainya bisnis tersebut.

3. Daftar tujuan Anda secara keseluruhan dengan menguraikan tujuan bisnis yang paling penting.

4. Tuliskan strategi bisnis Anda dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan ini: Bagaimana Anda akan membangun bisnis Anda? Apa yang akan Anda jual? Apa proposisi penjualan unik Anda yang membuat bisnis Anda berbeda dari kompetitor?

5. Tuliskan berapa total modal awal yang akan Anda perlukan untuk memulai bisnis.

6. Perkirakan biaya bulanan bisnis Anda yang sedang berlangsung setelah peluncuran, dalam tiga bulan, enam bulan, dan dalam satu tahun.

7. Berapa besar pendapatan bulanan yang Anda harapkan dari bisnis tersebut dalam tiga bulan, enam bulan, dan dalam satu tahun pertama.

8. Buat rencana aksi yang untuk menyelesaikan target-target dari rencana bisnis Anda dengan mempertimbangkan hal-hal yang perlu dilakukan untuk mencapai tujuan masa depan.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini