Kemendag Bakal Telusuri Rantai Distribusi Beras Plastik Hingga Importir

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 21 Mei 2015 06:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 05 20 320 1152673 kemendag-bakal-telusuri-rantai-distribusi-beras-plastik-hingga-importir-KoGudymK0I.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) saat ini tengah melakukan uji lab terkait temuan beras yang diduga beras plastik. Jika hasil lab menunjukan benar itu merupakan beras plastik, maka kan dilakukan penelusuran distribusi beras tersebut.

Direktur Jenderal Standarisasi dan Perlindungan Konsumen (SPK) Kemendag Widodo menegaskan, pihaknya akan serius menangani hal ini. Pasalnya beras merupakan makanan utama masyarakat Indonesia.

"Kami uji lab dulu, jika benar bakal kami telusuri," ujar Widodo saat dihubungi Okezone di Jakarta.

Dirinya juga berjanji akan menelusuri jalur distribusi beras plastik hingga importir dan akan menindak tegas. Pasalnya saat ini Pemerintah tidak mengeluarkan kebijakan untuk impor beras.

"Mudah-mudahan ketemu sampai importirnya. Karena dari Kementerian Pertanian tidak merekomendasikan impor beras. Kemendag juga tidak mengeluarkan izin impor beras," imbuhnya.

Oleh karena itu, sambung Widodo, pihaknya juga sedang berkoordinasi dengan Ditjen Bea dan Cukai untuk dilakukan pencarian terkait adanya impor beras.

"Kalau memang benar ada importir yang masukan beras plastik ini, orang ini sama sekali tidak punya rasa manusiawi dan nasionalisme," pungkasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini