BlackBerry Akan Lakukan PHK Massal

Rachmad Faisal Harahap, Jurnalis · Sabtu 23 Mei 2015 20:14 WIB
https: img.okezone.com content 2015 05 23 213 1154158 blackberry-akan-lakukan-phk-massal-f3L6GRQ536.jpg Ilustrasi BlackBerry. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Pembuat smartphone asal Kanada, BlackBerry Ltd, akan menerapkan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) dengan karyawannya di seluruh dunia. Pasalnya, perusahaan ini akan mengonsolidasikan bisnisnya pada lini software, hardware dan aplikasi.

Melansir Reuters, Sabtu (23/5/2015), BlackBerry belum menentukan berapa banyak karyawan yang akan dikenakan PHK. Namun, BlackBerry dilaporkan mengalami penurunan pendapatan 16,8 persen pada Maret lalu. Adapun jumlah karyawan BlackBerry, diperkirakan sekira 6.225 karyawan per Februari 2015.

Juru Bicara BlackBerry mengatakan, perusahaan ini melakukan realokasi sumber daya untuk memanfaatkan peluang pertumbuhan dan mencapai profitabilitas di semua segmen bisnis.

Selain PHK, BlackBerry dilaporkan tengah menjadi target akuisisi. Menurut laporan dari DigiTimes, seperti dikutip Antara, beberapa perusahaan di antaranya Microsoft, Xiaomi, Huawei, dan Lenovo tertarik untuk mengambil alih perusahaan asal Kanada tersebut.

Bahkan, perusahaan software yang berbasis di Redmond, Microsoft, disebutkan telah meminta perusahaan investasi untuk mengevaluasi kemungkinan adanya kesepakatan akusisi.

Microsoft dikabarkan tertarik dengan BlackBerry karena fokus layanan software BlackBerry akhir-akhir ini yang sejalan dengan Microsoft.

Sementara itu, perusahaan-perusahaan asal Tiongkok dikabarkan mencari kemungkinan kesepakatan untuk memperkuat kehadiran mereka di pasar Amerika Serikat dan Eropa.

Hingga saat ini BlackBerry belum memberikan tanggapan mengenai kabar tersebut.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini