nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Samsung, Bukti Berdikarinya Korea Selatan

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Senin 25 Mei 2015 20:12 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 05 25 320 1155074 samsung-bukti-berdikarinya-korea-selatan-tnNZlqvhbi.jpg Samsung, bukti berdikarinya Korea Selatan. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Berdikarinya suatu negara tidak selalu seluruh produk-produknya diproduksi sendiri atau dalam negeri. Rektor Universitas Paramadina Firmanzah memberikan contoh negara-negara yang telah berdikari di beberapa sektor, seperti Amerika, Jepang dan Korea Selatan

"Perlu sepakat dulu berdikari apa? Kalau membayangkan produksi konsumsi untuk kita rasanya tidak masalah, seperti AS, Jepang, Korea, tidak semua barang tidak diproduksi dalam negeri," kata Firmanzah saat acara Dialog Ekonomi Publik Indonesia Berdikari di Balai Kartini, Jakarta, Senin (25/5/2015).

Firmanzah menuturkan, berdikari merupakan suatu proses yang bisa memberikan daya saing terhadap suatu produk. Oleh karenanya, mencapai suatu berdikari tidak melulu harus diproduksi di dalam negeri.

Menurut Firmanzah, Indonesia sendiri masih belum mampu untuk mencapai berdikari diseluruh sektor.

"Jadi konsep berdikari dalam globalisasi bagaimana kita bisa menjadikan daya saing Indonesia unggul, dalam penguasaan teknologi, daya saing, jadi semua hal kalau diproduksi sendiri maka kita ekonomi yang tertutup seperti Korea Utara, maka otomatis kita tidak bisa menjadi negara dengan ekonomi yang besar," tambahnya.

Seperti halnya Korea Selatan, Firmanzah menyebutkan, Negeri Ginseng tersebut telah mencapai berdikari di sektor elektronik dengan merek Samsung.

"Karena Samsung sudah diproduksi di mana saja, apakah semua harus diproduksi di Korsel, apa semuanya made in Seoul? Tidak kan, tetapi pada titik itu Korsel sangat berdikari," tutupnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini