nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

THR Cair, Jangan Dihabiskan untuk Keperluan Lebaran

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Selasa 02 Juni 2015 06:59 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 06 01 457 1158374 thr-cair-jangan-dihabiskan-untuk-keperluan-lebaran-SvQWRB8yy5.jpg THR cair, jangan dihabiskan untuk keperluan Lebaran. (Foto: Okezone)

JAKARTA – Tunjangan hari raya (THR) sangat menjadi tumpuan bagi masyarakat dalam membeli kebutuhan jelang Lebaran. Sehingga, membutuhkan manajemen yang baik dalam menggunakannya.

Perencana keuangan dari PT Cerdas Keuangan Indonesia, M Andoko, mengungkapkan, THR biasanya diterima dua minggu sebelum lebaran. Hal itu haruslah dibuatkan budgeting secara proporsional, sehingga uang tunjangan dapat mencukupi kebutuhan hingga Lebaran selesai.

"Kelebihan bulan puasa ketika terima THR, maka dibuat budgeting 50 persen untuk kebutuhan belanja konsumsi saat Lebaran. Sedangkan sisanya 50 persen dapat dibagi-bagi kembali untuk menabung di luar kebutuhan Lebaran, seperti pendidikan, pajak kendaraan bermotor, dan lain-lain," papar Andoko kepada Okezone, di Jakarta.

Dia menjelaskan, sebaiknya masyarakat harus membiasakan diri untuk tidak menghabiskan uang THR saat Lebaran semata. Namun, juga diprioritaskan untuk kepentingan lain seperti pendidikan anak yang kerap dikeluarkan setelah Lebaran.

"Harusnya pendidikan prepare jauh-jauh hari jangan dadakan, apalagi tahun ini pengeluaran kebutuhan Lebaran berbarengan dengan kebutuhan ajaran baru sekolah. Bisa proporsionalnya 25–30 persen untuk sekolah anak, 10 persen sisanya untuk kebutuhan zakat, maupun diberikan ke orang-orang terdekat serta sisanya ditabung," tandasnya.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini