Era Transformers Akan Jadi Kenyataan?

Selasa 16 Juni 2015 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 16 213 1166200 era-transformers-akan-jadi-kenyataan-47TeHHSL8S.jpg Era Transformers akan jadi kenyataan. (Foto: AFP)
PARA penggemar berat film Transformers harus menghargai upaya perusahaan Jepang untuk menciptakan manusia robot yang dapat berubah menjadi mobil.

Pada Jumat, Brave Robotics dan Asratec, unit usaha yang sepenuhnya dimiliki SoftBank, mengatakan telah mulai mengerjakan robot bertinggi 3,5 meter yang dapat berubah menjadi kendaraan berkecepatan 60 kilometer per jam. Prototip itu diharapkan dapat selesai pada 2017.

Dalam wujud manusianya, robot itu dapat bergerak hingga kecepatan 30 km per jam jika rodanya diaktifkan, dan 10 km per jam dengan kakinya. Dengan berat 700 kilogram, mesin tersebut dapat berubah dalam waktu kurang dari 10 detik menjadi kendaraan berpenumpang dua orang.

Prototip dalam ukuran seperempat ukuran asli pernah dipamerkan pada Oktober 2014. Model yang kini sedang dikerjakan–dinamai J-deite RIDE–nantinya akan memiliki luas cukup untuk mengangkut orang.

 
J-deite adalah karya hasil pemikiran Kenji Ishida dari Brave Robotics. Hinga kini belum jelas kapan robot itu akan resmi dipasarkan.

Otak robot dihidupi oleh sistem operasi V-Sido yang dirancang oleh Asratec. Induk perusahaan Asratec, SoftBank, telah lama berinvestasi dalam sektor robotika. Salah satu robot produksinya, Pepper, akan mulai beredar di tengah masyarakat luas tahun ini.

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini