Asuransi Korban Pesawat AirAsia QZ 8501 Terganjal Akta Kematian

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2015 17:44 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 16 320 1166355 asuransi-korban-pesawat-airasia-qz-8501-terganjal-akta-kematian-fOwmhymnQb.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA - Pembayaran asuransi untuk ahli waris keluarga korban jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 belum selesai hingga saat ini. Pembayaran masih terkendala dari kelengkapan dokumen seperti surat keterangan ahli waris hingga akta kematian.

Seperti diketahui, penerbangan dengan nomor penerbangan QZ8501 rute Surabaya-Singapura jatuh pada akhir Desember 2014. Tercatat, pembayaran asuransi tersebut per satu penumpang mencapai Rp1,25 miliar.

Pengamat penerbangan Alvin Lee menilai, belum terbayarkannya asuransi untuk ahli waris keluarga korban AirAsia QZ 8501 dikarenakan belum lengkapnya dokumen. Pasalnya, dalam pembayaran asuransi harus jelas untuk besaran hingga ahli waris yang dituju.

"Harus ada surat atau akta meninggal dan surat keterangan ahli waris serta surat keterangan ketersediaan ahli waris yang berhak," kata Alvin kepada Okezone di Jakarta, Selasa (16/6/2015).

Alvin menjelaskan, dalam pembayaran asuransi jatuhnya pesawat AirAsia QZ 8501 menjadi tanggung jawab dari perusahaan asuransi tersebut, bukan lagi yang membayar pihak AirAsia.

"Saya kira kalau administrasinya beres, identitasnya beres. itu akan langsung dibayarkan. Kan yang bayar bukan AirAsia lagi, tapi perusahaan asuransi," terangnya.

Sebelumnya, Presiden Direktur AirAsia Indonesia Sunu Widyatmoko mengatakan, belum diselesaikannya pembayaran asuransi secara penuh dikarenakan adanya beberapa kendala seperti kelengkapan dokumen surat keterangan ahli waris hingga surat kematian. Jika dokumen tersebut sudah lengkap, pihaknya langsung akan mencairkan pembayaran asuransi secara penuh.

Tercatat, saat ini baru delapan ahli waris saja yang menerima pembayaran asuransi secara penuh dari AirAsia. Sisanya masih pembayaran setengah bahkan masih ada yang belum menerima.

"Bagi AirAsia dokumen lengkap, kita langsung beresin semua (pembayaran asuransi), kita siap," tegas Sunu di Hotel Sultan belum lama ini.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini