Asuransi Korban AirAsia Belum Juga Cair

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Selasa 16 Juni 2015 18:36 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 16 457 1166386 asuransi-korban-airasia-belum-juga-cair-8K0ERTWDNi.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Dana asuransi korban kecelakaan penerbangan dengan nomor QZ8501 rute Surabaya-Singapura yang jatuh pada akhir Desember 2014 belum sepenuhnya dibayar. Tercatat, pembayaran asuransi tersebut per satu penumpang mencapai Rp1,25 miliar.

Hal ini dibenarkan oleh Wakil Komisi V DPR RI Muhidin M Said. Dia mengatakan pencairan dana asuransi korban Air Asia masih terbentur penyelesaian dokumen.

"Ada masalah data kependudukan, ini harus diselesaikan dulu, jangan sampai nanti ada yang saling menuntut," ungkapnya kepada Okezone, Selasa (6/16/2015).

Hal yang perlu dihindari adalah aksi saling klaim ketika dana asuransi sudah cair. Pasalnya, dalam kecelakaan tersebut terdapat satu keluarga yang semuanya menjadi korban, sehingga perlu kejelasan mengenai ahli waris lain.

"Kan ada yang satu keluarga meninggal semua, kita semua di Komisi V sudah kawal ini," katanya.

Menurutnya, Direktorat Jenderal Kependudukan bersama dengan Bupati dan seluruh aspek harus segera menyelesaikan proses legalitas. Pihaknya mengatakan jika legalitas sudah selesai Air Line siap membayarnya.

"Kita sudah bantu dengan panja yang saat itu dihadiri semua pihak termasuk Air Asia, airline sudah siap bayar tapi perlu legalitas agar suatu saat tidak ada yang mengklaim, jadi dana itu harus diamankan dulu (sampai proses legalitas jadi)," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini