Share

Batu Akik Blue Oval Diminati Hingga Rusia

ant, Jurnalis · Minggu 21 Juni 2015 17:01 WIB
https: img.okezone.com content 2015 06 21 320 1168964 batu-akik-blue-oval-diminati-hingga-rusia-GWZD5QhcBj.jpg Batu akik Blue Oval diminati hingga Rusia. (Foto: Ant)

SUKABUMI - Batu akik asli dari Sukabumi, Jawa Barat, Blue Oval Mizone diminati hingga mancanegara, salah satunya Rusia, karena warna batu yang indah dan berkualitas tinggi.

"Dari pantauan kami, ternyata batu akik ini tidak hanya dikirim ke berbagai wilayah di tanah air tetapi juga ke luar negeri, bahkan beberapa titipan kiriman untuk ke Rusia," kata Manajer Pemasaran PT Pos Indonesia Cabang Sukabumi Firmansyah di Sukabumi, Minggu (21/6/2015).

Menurut dia, dari pantauan paket kiriman batu akik Blue Oval Mizone ini untuk wilayah domestik dikirim ke daerah Sulawesi, Sumatera Barat, Bengkulu, Sungai Dareuh (Aceh) dan sejumlah wilayah lainnya di Jawa Barat. Sedangkan pengiriman ke luar negeri didominasi ke Australia, China, serta Rusia.

 Pameran Batu Akik Kemenperin

Rata-rata setiap kali kirim, si pemasok batu akik itu mengirim 200 kg hingga 300 kg dalam bentuk bongkahan. Kemungkinan transaksi pembelian batu akik ini melalui onlineshop yang mayoritas pengirim paket batu akik merupakan warga di wilayah Kecamatan Sagaranten dan pajampangan yang merupakan pusat penjualan dan kerajinan batu akik.

"Di sisi lain, dengan meningkatnya pengiriman barang ini berdampak positif kepada kami karena ternyata tingkat kepercayaan terhadap PT Pos cukup tinggi, selain harga kirim paket yang murah, juga barang yang dikirim pun aman sampai tujuan," tambahnya.

Sementara, eksportir batu akik, Syarif Hidayatullah, mengatakan bahwa bahan batu akik Blue Oval Mizone yang asli dari Sukabumi banyak diminati dari berbagai negara Asia, Eropa dan Afrika. Untuk penjualan bahan batu akik tersebut dijual dikisaran harga Rp200 ribu hingga jutaan rupiah tergantung kualitas bahan batu akiknya.

Baca Juga: KKP Selamatkan Kerugian Negara Sebesar Rp30 Miliar dari Tindak Penyelundupan BBL

(wdi)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini