Image

Pelayanan Transportasi Publik Jakarta Buruk, Berikut Alasannya

Danang Sugianto, Jurnalis · Rabu 24 Juni 2015, 06:02 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 06 23 320 1170052 pelayanan-transportasi-publik-jakarta-buruk-berikut-alasannya-otrNKxt0Kz.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA - Kualitas dari fasilitas transportasi pelayanan publik di Jakarta tahun ini terbilang masih buruk. Hal tersebut bisa dilihat dari banyaknya kasus kecelakaan yang terjadi dari transportasi umum dan menurunnya kualitas pelayanan.
 

Pengamat transporasi Azaz Tigor mengatakan, buruknya layanan transportasi umum di Jakarta dikarenakan kurangnya komitmen dari Pemerintah Provinsi untuk mengurusi transportasi publik. dia mencontohkan seperti kecelakaan bus Transjakarta di Mampang yang disinyalir karena faktor kerusakan teknis. Hal tersebut tentu menunjukkan tidak adanya pengawasan serta pemeliharaan dari bus Tansjakarta

"Memang kalau dilihat secara keseluruhan, transportasi pelayanan tahun ini buruk sekali. Lihat saja kecelakaan yang di Mampang kemarin, semalam juga ada bus Transjakarta yang nabrak pembatas jalan," ujar Azaz saat dihubungi Okezone, Jakarta, Rabu (24/6/2015).

Bukan hanya angkutan umum milik Pemprov, kualitas dari angkutan umum milik swasta juga semakin memprihatinkan. Bahkan menurut Azaz, masih belum terintegrasi dari seluruh jenis transportasi publik. Bahkan belum lama ini terjadi kasus pemerkosaan di dalam angkutan umum mikrolet.

"Bayangkan saja, masa bisa sampai diperkosa di dalam mikrolet. Berarti tidak ada pengawasan yang ketat untuk supir-supirnya. Ini sudah mengerikan sekali," tandasnya.

Kendati demikian, Aziz memandang, salah satu penyebabnya juga dikarenakan kisruh tentang APBD DKI Jakarta antara Pemprov dan DPRD Jakarta. Pasalnya ada keterlambatan penyaluran anggaran untuk pemeliharaan dan pengawasan.

"Memang ada pengaruhnya juga, buruknya komunikasi antara Pemprov dan DPRD menyebabkan keterlambatan cairan anggaran untuk mengurusi itu semua. Perbaikannya tidak jalan," pungkasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini