Berani Ambil Risiko, Coba Investasi Ini

Prabawati Sriningrum , Jurnalis · Jum'at 10 Juli 2015 05:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 07 278 1177721 berani-ambil-risiko-coba-investasi-ini-ndseJCdObd.jpg Ilustrasi: Shutterstock
JAKARTA - Investasi di pasar modal sering diidentikan dengan modal yang besar. Namun, ada beberapa investasi yang tak membutuhkan dana terlalu besar seperti produk reksa dana.

Perencana keuangan Andy Nugroho mengatakan, reksa dana khususnya ritel memungkinkan investor membeli reksa dana hanya dengan Rp100 ribu per bulan. Namun, itu semua tetap dibarengi dengan pertimbangan risiko yang ada.

"Pasar uang risikonya paling rendah, tetapi juga imbal hasil paling kecil. Sedangkan pasar saham maksimal untungnya, tapi paling berisiko," ujar Andy kepada Okezone di Jakarta, Jumat (10/7/2015).

Andy menjelaskan, reksa dana pasar uang lebih cocok bagi para investor yang memang ingin berinvestasi tanpa risiko yang tinggi. Meskipun terjadi fluktuatif, namun penurunan nilainya tidak terlalu besar dibandingkan dengan reksa dana di pasar saham.

"Reksa dana paling banyak 5-10 persen penurunan nilainya,sedangkan pasar modal bisa 30-40 persen," katanya.

Selain reksa dana pasar uang, pendapatan tetap juga terbilang memiliki tingkat investasi yang berisiko tinggi. Sehingga, lebih cocok bagi investor yang berani menerima risiko yang tinggi.

"Kemampuan kita menerima risiko lebih tinggi juga pada pendapatan tetap, harus berani ambil risiko," tandasnya

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini