nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Nantikan Data Ekspor-Impor, Rupiah Menguat Tipis

Martin Bagya Kertiyasa, Jurnalis · Rabu 15 Juli 2015 09:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 15 278 1182133 nantikan-data-ekspor-impor-rupiah-menguat-tipis-MRYSFWUcjF.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) akan mengumumkan data-data sektor riil terkait ekspor dan impor Indonesia. Diperkirakan, data-data ini akan mempengaruhi pergerakan nilai tukar Rupiah.

Melansir Bloomberg Dollar Index, Rupiah pada perdagangan non-delivery forward (NDF) menguat tipis 18 poin ke Rp13.339 per USD. Pagi ini, Rupiah bergerak di kisaran Rp13.316-Rp13.347 per USD.

Analis LBP Entrpresie, Lucky Bayu, menjelaskan meskipun data ekspor impor Indonesia mempengaruhi, namun sentimen utama datang dari Jepang. Dia melihat, investor masih menunggu data sektor riil yang akan dirilis di Jepang.

"Meskipun di dalam negeri juga ada, tapi itu nomor dua," tambah dia dalam acara MNC Powerbreakfast, Rabu (15/7/2015).

Menurutnya, data ekspor impor tidak akan terlalu memberikan dampak karena investor sudah dapat memperkirakan hasilnya. Pasalnya, semua transaksi ekspor impor mayoritas menggunakan dolar Amerika Serikat (AS), sementara saat ini Rupiah tengah melemah terhadap dolar AS.

"Jadi kalau boleh di justified, kita bilang ekspor impor Indonesia akan mengalami penurunan karena adanya penguatan dolar AS," tambahnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini