nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Rupiah Bisa Menguat Jika Surat Utang Ditarik

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 17 Juli 2015 15:18 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 17 20 1182932 rupiah-bisa-menguat-jika-surat-utang-ditarik-KuAEyoWdXw.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)

JAKARTA - Pengamat Ekonomi Indef Avliani mengatakan, pelemahan Rupiah bukan hanya dipengaruhi faktor global, tetapi juga dalam negeri. Karenanya, pemerintah sebenarnya bisa turun tangan membantu mengatasi pelemahan Rupiah.

"Begini, idealnya posisi rupiah seharusnya berada di level Rp12.700. Idealnya segitu. Kalau pun melemah banyak faktor global. Tapi sebenarnya Indonesia bisa memperbaiki nilai tukar itu sendiri sebenarnya,"tuturnya saat menghadiri Open House di Rumah Dinas Menteri Keuangan, Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Untuk menguatkan rupiah, Aviliani menjelaskan, pemerintah disarankan menarik kembali Surat Utang Negara (SUN) obligasi yang telah dilepas, kemudian diganti dengan utang luar negeri. Dengan digantinya SUN, dia mengatakan, utang luar negeri akan membuat Rupiah lebih stabil.

"Yang harus dilakukan sekarang selain memperbaiki belanja SUN obligasi harus dibeli kembali, kemudian ditukar dengan utang luar negeri, nah itu salah satu cadangan yang bisa menguatkan nilai tukar kita,"jelasnya.

(mrt)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini