Gugatan USD80 Juta ke Eks Bank Century Dibatalkan

Feby Novalius, Jurnalis · Rabu 22 Juli 2015 12:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 22 457 1183835 gugatan-usd80-juta-ke-eks-bank-century-dibatalkan-aSqixQRvtN.jpg (Ilustrasi: Situs Kemenkeu)

JAKARTA - PT Bank JTrust Indonesia Tbk (JTrust Bank) menyatakan bahwa per tanggal 1 Juli 2015, Weston International Asset Recovery Corporation,Inc menarik kembali gugatan hukum terhadap JTrust Bank dari Pengadilan Distrik Amerika Serikat bagian Distrik Selatan Kota New York.

Sekedar informasi, sebelumnya Lembaga Penjamin Simpanan dan PT Bank Mutiara Tbk (BCIC) yang kini berganti nama menjadi PT Bank JTrust Indonesia digugat oleh firma investasi asal Mauritius, Weston Internasional Asset Recovery yang memohon pengembalian dana senilai kurang lebih USD80 juta yang diduga terutang berdasarkan beberapa surat utang wajib konversi (Mandatory Convertible Bond/MCB) yang diterbitkan oleh pendahulu JTrust Bank, yaitu Bank Century.

Perkara dengan judul Weston Internasional Asset Recovery Corporation melawan PT Bank Mutiara Tbk, memohon pengembalian dana senilai kurang lebih USD80 juta yang diduga terutang berdasarkan beberapa surat utang wajib konversi (Mandatory Convertible Bond/MCB) yang diterbitkan oleh pendahulu JTrust Bank, yaitu Bank Century.

"Weston telah memperoleh putusan terhadap perkara MCB di pengadilan Republik Mauritius pada tahun 2013, walaupun JTrust Bank sebenaranya bukan merupakan subjek hukum dalam juridiksi negara tersebut, dan kemudian mengajukan permohonan pelaksanaan putusan tersebut di Amerika Serikat untuk menyita rekening JTrust Bank di bank-bank New York," jelas Direktur Bank JTrus Indonesia, Felix I.Hartadi dalam keterbukaan informasi, Jakarta, Rabu (22/7/2015).

Namun demikian,lanjutnya, kesalahan Weston dan tindakan penghinaan terhadap lembaga peradilan yang sedang berjalan di perkara lainnya, maka Pengadilan Distrik Amerika Serikat pada bulan Juli 2014 melarang seluruh gugatan Weston terhadap JTrust Bank untuk dilanjutkan di Distrik Selatan Kota New York hingga Weston dapat mengembalikan kepada JTrust Bank sejumlah lebih dari USD3,8 juta.

"Setahun setelah Pengadilan Distrik membekukan gugatan Weston, Weston mengalah dan membatalkan gugatannya terhadap JTrust Bank yang bernilai USD80 juta,"tuturnya.

Menurutnya, JTrust Bank akan terus melakukan upaya pengembalian uangnya dan memberikan sanksi yang layak kepada John R.Liegey dan Weston sampai uangnya kembali.

Terlepas dari sejumlah kasus tersebut, JTrust Bank juga menyatakan bahwa berdasarkan pembukkuannya, tidak ditemukan adanya utang atau kewajiban yang terutang oleh JTrust Bank kepada First Global Funds Limited (FGFL) (suatu badan yang menurut keyakinan JTrust Bank, terafiliasi dengan Weston) senilai USD112,5 juta seperti yang di klaim FGFL dalam gugatannya terhadap JTrust Bank di suatu pengadilan di Republik Mauritius, belum lama ini.

Untuk alasan tersebut, JTrust Bank tidak mengakui utang-utang yang diklaim oleh FGFL,Weston, dan pihak-pihak lain di Republik Mauritius.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini