Musim Mudik, Tarif Laundry Naik Dua Kali Lipat

Feby Novalius, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2015 05:47 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 23 320 1184494 musim-mudik-tarif-laundry-naik-dua-kali-lipat-5w5Fqp5Z3Z.jpg Ilustrasi laundry. (Foto: Reuters)
JAKARTA - Pengusaha pencucian pakaian atau laundry memanfaatkan musim mudik Lebaran ini untuk meraup untung. Jasa pencucian pakaian ini bahkan menaikkan harga jasanya dua kali lipat.

Pemilik Carlote Laundry, Muchlis Yulianto, misalnya dia memanfaatkan momen mudik para pekerja PRT dengan menaikan jasa laundry-nya mengalami kenaikan 200 persen.

"Harga standar Rp8 ribu per kilogram (kg) biasanya. Tapi karena ini moment Lebaran jadi Rp16 ribu per kilonya," tuturnya kepada Okezone, Rabu (22/7/2015).

Menurutnya, kenaikan tersebut dikarenakan pembayaran pekerja selama Lebaran pun bertambah dibandingkan biasanya. Jadi kenaikan tarif dari biasanya dilakukan oleh laundry-nya.

"Kenapa dinaikkan, bayar pekerjanya kan nambah juga. Lebaran juga kan kita buka. Jadi harganya pun naik dua kali lipat," kata dia.

Dia mengatakan, harga tersebut pun masih bisa turun. "Jika dia pelanggan tetap, pasti ada diskon. Lihat berapa berat yang di laundry juga. Kalo 20 kg misalnya dapat diskon pasti,"tuturnya.

Menurutnya, selama musim Lebaran ini peningkatan jumlah berat kiloan laundry mencapai 20 kg atau sekira Rp320.000 (20xRp16 Ribu). Bahkan, ada yang mencapai 70 kg atau sekira Rp1.050.000. "Biasanya kan 5-7 kg per rumah. Tapi sekarang ada yang 20 kg. Bahkan ada yang 70 kg," tuturnya.

Meski ada kenaikan volume pesanan tersebut, namun dia mengklaim tidak mengurangi kebersihan dan kecepatan waktu laundry.

"Walaupun ramai, tetap yang diutamakan adalah kebersihannya, kemudian kecepatan waktu laundry-nya. Jika ada yang tidak bersih, bisa dilakukan reward. Tapi sampai sekarang sih belum ada reward," ujarnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini