nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menkeu Sebut Rupiah Melemah Gara-Gara The Fed

Dani Jumadil Akhir, Jurnalis · Jum'at 24 Juli 2015 13:13 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 24 278 1184873 menkeu-sebut-rupiah-melemah-gara-gara-the-fed-rOGPeYAArs.jpg Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro (Foto: Okezone)
JAKARTA - Nilai tukar Rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) dibuka anjlok menembus pelemahan terendah. Rupiah pagi ini mendekati level terendah di Rp13.450 per USD.

Menanggapi hal ini, Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro menyatakan, pelemahan Rupiah dikarenakan bank sentral AS yakni The Fed akan menaikkan suku bunga acuannya.

"Ada statement yang mengatakan Fed rate akan naik tahun ini dan otomatis akhirnya dolar AS akan menguat. Itu terjadi di semua mata uang," jawab Bambang saat ditanya wartawan di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (24/7/2015).

Bambang menambahkan, pelemahan semua mata uang terhadap dolar AS, termasuk Rupiah memang fenomena global. Lantaran, beberapa mata uang yang biasanya tahan terhadap penguatan dolar AS juga tetap mengalami ā€ˇpelemahan.

"Contoh Thailand Bath dan Filipina, biasa keduanya tidak terpengaruh sekarang terdepresiasi atas statement itu," tukasnya.

(rzk)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini