nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Indonesia Tidak Akan Bangkrut karena Rupiah

Feby Novalius, Jurnalis · Selasa 28 Juli 2015 15:24 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2015 07 28 20 1186652 indonesia-tidak-akan-bangkrut-karena-rupiah-QvSjoYKnWH.jpg Ilustrasi Rupiah. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Pelemahan Rupiah bukan lagi dipengaruhi fundamental dan ekspektasi dari para investor. Saat ini, sentimen global sangat mempengaruhi pergerakan dari dolar Amerika Serikat (AS).

Ekonom dan Direktur Eksekutif CORE Indonesia, Hendri Saparini, mengatakan dengan adanya sentimen global, sebaiknya Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) segera melakukan Managementnya dengan baik.

"Misalnya, dengan punya kebijakan komprehensif untuk atasi defisit transaksi berjalan dan kurs. Itu akan berimbas di sektor riil," kata dia di Gedung Sucofindo, Jakarta, Selasa (28/7/2015).

Oleh karena itu, dia melihat selama Pemerintah dan BI tidak mengubah kebijakan untuk mengatasi pelemahan Rupiah serta memperkuat struktur ekonomi, maka Rupiah tidak akan menuju ke arah penguatan.

Selain itu, dia mengatakan hingga akhir tahun diprediksi Rupiah masih di kisaran Rp13.500 per USD, dan tidak akan mencapai Rp14.000 per USD. "Tahun ini Rupiah akan berada di kisaran segitu. Tidak perlu takut. Tahun ini tidak akan ada kebangkrutan," tegasnya.

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini