Share

Tren Batu Akik Meredup, Terlihat dari Harga Rangkanya

Hendra Kusuma, Jurnalis · Jum'at 31 Juli 2015 06:15 WIB
https: img.okezone.com content 2015 07 30 320 1187982 tren-batu-akik-meredup-terlihat-dari-harga-rangkanya-V1tN2q1MXB.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Sepanjang 2014 siapa yang tidak terlena oleh kilaunya batu akik di Indonesia. Beragam jenis batu akik yang berada di perut bumi nusantara menjadi salah satu daya tarik para masyarakat untuk memilikinya.

Namun, tren kilaunya batu akik telah meredup belakangan ini. Hal tersebut terlihat dari penjualan rangka atau ikatan cincin batu yang sudah mulai menurun harga jualnya. Iman, penjual batu akik di Pasar Raya Gem Stone Jatinegara mengatakan, harga ikatan batu akik saat ini mengalami penurunan yang tajam.

Dia menyebutkan, saat tren batu akik masih fenomenal, harga satu ikatan batu akik bisa dibanderol Rp90 ribu dengan jenis titanium atau ikatan dengan kualitas di atas rata-rata bagi para pemula.

"Dari titanium dulu satu kodi Rp800 ribu, itu sekarang cuma Rp450 ribu," kata Iman kepada Okezone di Jakarta.

Iman menuturkan, penjualan serta harga ikatan batu cincin yang ada saat ini juga bisa menjadi titik ukur tren batu akik di Indonesia menurun.

"Kalau tahun 2014 itu, Rp90 ribu satu ikatan belum sama masang akiknya, sekarang titanium Rp50 ribu udah sama masang," tambahnya.

Bahkan, sambung Iman, saat tren batu akik masik berkilau, dirinya juga masih bisa bersikap jual mahal jika ada pembeli yang menawar harga ikatan yang dibanderal Rp90 ribu.

"Kalau dulu penjual masih bisa jual mahal kalau ada yang nawar, kalau sekarang yang penting barang bisa keluar," tukasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini