nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Asing Bisa Miliki Properti, tapi Bukan Turis

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 30 Juli 2015 15:06 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 07 30 470 1187906 asing-bisa-miliki-properti-tapi-bukan-turis-IHo87EMRuw.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Warga Negara Asing (WNA) tidak lama lagi dapat memiliki properti mewah dalan hal ini apartemen bernilai di atas Rp5 miliar. Akan tetapi, hanya apartemen di atas lantai dua yang boleh dimiliki WNA tersebut.

Menteri Agraria dan Tata Ruang Ferry Mursyidan Baldan menyatakan, kepemilikan properti asing hanya diberikan izin untuk yang tinggal dengan keperluan yang jelas. Jika hanya sebagai turis semata, maka izin tersebut tidak dapat diberikan.

"Kalau cuma turis dia bisa hotel saja. Nanti asing diarahkan pada bangunan lantai dua ke atas. Kita sebut hak pakai," ujar Ferry di kantor Kementerian Koordinator (Kemenko), Jakarta, Kamis (30/7/2015).

Nantinya, lanjut Ferry, hak pakai akan diberikan seumur hidup atau hingga izin tinggal di Indonesia-nya telah habis. Akan tetapi, hak pakai dapat diberikan kepada ahli waris yang juga mendapat izin tinggal di Indonesia.

"Diwariskan bisa tapi ahli waris harus punya izin tinggal di Indonesia. Kenapa main di angka 30 tahun, 40 tahun? Kita pakai yang simpel saja. Oh dia tinggal di sini, berikan izin. Batasan harga harus di atas rata-rata. Tentu asing akan memilih apartemen tertentu," jelas dia.

"Prinsipnya enggak boleh orang asing beli apartemen dan tinggal di luar. Nanti dia nyewakan, manfaat ekonomi nya sama dia dong," tandas dia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini