Masa Kecil yang Keras, Bos Oracle Sukses Jadi Kaya Raya

Raisa Adila, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2015 06:53 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 07 31 213 1188603 masa-kecil-yang-keras-bos-oracle-sukses-jadi-kaya-raya-RgyvYnaUg1.jpg Ilustrasi: (Foto: Reuters)

JAKARTA - Pendiri perusahaan piranti lunak ternama di dunia, Oracle, Larry Ellison berhasil mengantongi kekayaan bersih sekira USD65 miliar. Dibalik kesuksesan dan ide brilian yang dimilikinya, tidak ada yang menyangka jika Ellison memiliki masa kecil yang cukup keras.

Seperti dilansir Time, Minggu (2/8/2015), Ellison memiliki masa kecil yang cukup keras dan sempat putus kuliah selama dua kali. Sejak usia sembilan tahun, Ellison telah divonis pneumonia atau radang paru-paru. Karena keadaannya ini, dia kemudian diadopsi oleh paman dan bibinya yang berdomisili di Chicago.

Selama bersekolah, Larry dikenal sebagai murid pintar dan cerdas. Sayangnya, Larry mulai berubah tingkah setelah mengetahui bahwa kedua orang tua yang mengasuhnya ini bukan orang tua kandungnya. Dia tumbuh di sisi selatan Chicago dan pindah ke California pada usia 22 tahun.

Pada pertengahan 1960-an, Elison menemukan laporan IBM tentang bahasa database pemrograman yang disebut dengan SQL. Dari situlah, ide brilian mengenai perusahaan Oracle muncul dibenaknya.

Ellison terinspirasi oleh kertas IBM, dan menciptakan database Oracle, yang bisa dijalankan pada komputer non-IBM. Setelah beberapa tahun, Oracle menjadi database yang paling populer yang pernah dijual hingga saat ini.

Bahkan, kini Oracle menjadi perusahaan tersukses di dunia dan bernilai USD195 miliar. Kekayaan Ellison sendiri diperkirakan sekira USD65 miliar.(bersambung)

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini