Tiga Aksi BI dan Para Menteri Ekonomi Atasi Situasi Global

Raisa Adila, Jurnalis · Selasa 04 Agustus 2015 13:34 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 04 20 1190242 tiga-aksi-bi-dan-para-menteri-ekonomi-atasi-situasi-global-uZztMGCxXx.jpg Rapat Perkembangan Ekonomi Terkini di Gedung BI. (Foto: Raisa Adila

JAKARTA - Pemerintah dan Bank Indonesia (BI) mewaspadai risiko berlanjutnya pelambatan ekonomi domestik, yang perlu direspons secara tepat dan terukur, di tengah masih lambatnya dan belum berimbangnya pemulihan ekonomi global.

Direktur Eksekutif​​ Departemen Eksekutif BI Tirta Segara menjelaskan, BI telah menempuh berbagai langkah kebijakan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi, dengan tetap konsisten mengupayakan terjaganya stabilitas perekonomian.

Hal itu diutarakan setelah adanya pertemuan antara Pemerintah dan Bank Indonesia, yang membahas soal perkembangan ekonomi terkini, di Gedung BI, Jakarta, Selasa (4/8/2015).

IHSG Melemah Setelah Lebaran

Ketiga hal tersebut yakni:

Pertama, menempuh kebijakan moneter yang tetap prudent dan konsisten, di tengah tingginya ketidakpastian di pasar keuangan global, terutama dalam menghadapi kenaikkan suku bunga di AS.

Kedua, menerapkan kebijakan makroprudensial yang akomodatif guna memberikan stimulus kredit dan menjaga momentum pertumbuhan.

Ketiga, mendorong percepatan reformasi struktural, termasuk upaya melanjutkan pendalaman pasar keuangan dan meningkatkan efisiensi sistem pembayaran.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini