Pilih Mana, Investasi Emas atau Kontrakan?

Danang Sugianto, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2015 06:07 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 05 320 1191086 pilih-mana-investasi-emas-atau-kontrakan-rPtvOrzquP.jpg Ilustrasi: Reuters
JAKARTA - Ada banyak jenis investasi yang ada saat ini, namun investasi yang umum dipilih masyarakat adalah emas dan properti atau biasanya kontrakan.

Menurut Perencana Keuangan dari MRE Financial & Business Advisory Andy Nugroho, kedua jenis investasi itu memang merupakan jenis investasi yang tidak bisa dibandingkan, karena memiliki karakteristik yang berbeda. Namun, untuk kondisi perekonomian saat ini kedua jenis investasi itu terbilang paling aman dibanding jenis investasi berbau pasar saham.

"Tidak bisa apple to apple, karena untuk kontrakan dibutuhkan modal sekitar Rp300 juta. Bayangkan kalau dibelikan emas bisa berapa kilo. Tapi, tentu ini juga pilihan," tutur Andi saat dihubungi Okezone, Kamis (6/8/2015).

Selain berbeda dalam besaran modal, kedua jenis investasi ini juga berbeda dalam hal keuntungan dan risiko. Untuk emas setidaknya tidak perlukan biaya maupun tenaga untuk maintenance seperti halnya kontrakan. Tapi kontrakan bisa menghasilkan pemasukan tambahan setiap bulannya.

"Kalau dilihat dari hasilnya memang properti atau kontrakan lebih menguntungkan. Belum lagi harga tanah yang terus meningkat," imbuhnya.

Namun, tukas Andy, investasi kontrakan memiliki risiko lebih banyak dibanding emas. Risiko kemungkinan yang terjadi, seperti kerusakan terhadap bangunan akibat banjir, kebakaran dan bencana lainnya.

"Tapi emas juga ada risikonya, seperti harga emas yang turun. Tapi saat ini emas relatif stagnan di Indonesia, meskipun harga emas dunia sedang turun," tambahnya.

Jadi menurut Andy, untuk menentukan pilihan tergantung dari dana yang dimiliki, tujuan dan estimasi hasil yang diharapkan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini