Image

Gelontorkan Dana Rp1,5 T, Menkeu Bantah Impor Beras

Raisa Adila, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2015, 19:58 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 06 20 1191850 gelontorkan-dana-rp1-5-t-menkeu-bantah-impor-beras-SBexbOaXkH.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) telah menyiapkan dana sebesar Rp1,5 triliun dan siap dicairkan untuk cadangan beras pemerintah (CBP). Banyaknya dana tersebut diduga untuk melakukan impor beras guna mengantisipasi dampak el-nino (kekeringan) di Indonesia.

Namun, Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang PS Brodjonegoro membantah dana sebesar Rp1,5 triliun tersebut untuk melakukan impor beras. Dia mengatakan, dana itu akan disalurkan untuk Perum Bulog guna memperbanyak cadangan beras.

"Enggak, itu untuk Bulog supaya bisa beli beras dari petani," kata dia di kantornya, Kamis (6/8/2015).

Padahal, Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dan pihak Bulog mengaku saat ini belum memerlukan dana tersebut. Bahkan, dana Bulog masih mencukupi untuk membeli beras hingga akhir tahun.

"Iya, tapi tetap masih perlu cadangan beras. Perlunya berapa ya tanya Bulog lah, kita anggarkan Rp1,5 triliun," ujar dia.

Sebagai catatan, sejauh ini, penyerapan beras Bulog sudah mencapai 1,81juta ton. Namun, target akhir tahun harus mencapai dua juta ton.

Pihak Bulog sendiri meyakini tidak akan ada masalah mengenai penambahan stok beras hingga akhir tahun. Terlebih, masih ada masa panen gadu yang tersisa meskipun el-nino sudah memasuki Indonesia.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini