REI Minta Kepemilikan Asing Properti Diberikan Syarat

Dhera Arizona Pratiwi, Jurnalis · Kamis 06 Agustus 2015 19:57 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 06 470 1191848 rei-minta-kepemilikan-asing-properti-diberikan-syarat-kQ1K7tDhUu.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Real Estate Indonesia (REI) meminta pemerintah untuk membuka keran kepemilikan properti untuk orang asing (foreign ownership) dengan beberapa kriteria atau persyaratan.

"Pertama, soal pembatasan harga. REI mengusulkan pembatasan harga jual properti untuk WNA senilai minimal Rp5 miliar," ucap Sekretaris Jenderal REI Hari Raharta Sudrajat di Hotel Le Meridien, Jakarta, Kamis (6/8/2015).

Lanjutnya, dalam kepemilikan properti, asing harus dibatasi persentasenya.

"Pembatasan unit yang boleh dimiliki oleh WNA dalam suatu apartemen maksimal sebesar 49 persen dari total unit yang tersedia," lanjut dia.

Sementara itu, dia juga mengungkapkan, ada beberapa kebijakan pemerinyah yang pro untuk menciptakan pertumbuhan industri properti. Salah satunya adalah program sejuta rumah dalam mengatasi backlog perumahan secara nasional sebanyak 13,5 juta unit.

"Langkah ini menjadi wujud nyata komitmen pemerintah dalam upaya mengatasi persoalan perumahan nasional. Program ini akan berjalan maksimal jika tercipta sinergi antara pemerintah, pengembang dan stakeholder perumahan," pungkasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini