Mau Gaji Rp1 Juta atau Rp10 Juta, Tak Pengaruh Kalau Tak Cermat

Rani Hardjanti, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2015 06:08 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 07 457 1192177 mau-gaji-rp1-juta-atau-rp10-juta-tak-pengaruh-kalau-tak-cermat-4RldP5TXW0.jpg Ilustrasi: Shutterstock
JAKARTA - Yang ditunggu-tunggu oleh para pegawai atau karyawan setiap akhir bulan tidak lain adalah menerima gaji bulanan.

Pada dasarnya, gaji bulanan yang diterima adalah upah yang dibayarkan setelah Anda bekerja keras selama satu bulan. Oleh karena itu, alangkah baiknya jika gaji dimaksimalkan manfaatnya untuk memenuhi seluruh kebutuhan Anda.

Tentunya siapa yang mau hasil kerja keras Anda terbuang sia-sia? Namun tren gaya hidup konsumtif di perkotaan kerap menarik sebagian besar pendapatan Anda untuk kebutuhan sekunder, sehingga gaji seringkali sudah habis sebelum tanggal gajian berikutnya tiba.

Jika gaji Anda kerap kali habis sebelum waktu gajian berikutnya tiba, Anda mungkin merasa gaji yang diterima kurang.

"Pada intinya, mau gaji Rp1 Juta ataupun Rp 10 Juta tiap bulannya tidak akan berpengaruh jika Anda tidak bisa cermat dalam mengelola arus kas pribadi Anda tiap bulannya," ujar penggiat gerakan literasi keuangan perempuan Indonesia, Women Investment Series (WISE) dan juga Executive Vice President, Head of Wealth Management and Business Strategy dari Commonwealth Bank Indonesia, Rian Kaslan, di Jakarta, Minggu (9/8/2015).

Dia menjelasakan, pendapatan bulanan harus diatur dengan baik sebelum tiba saatnya menerima gaji tiap bulan. Sebab banyak orang mudah terlena setiap kali tiba saatnya gajian, sehingga banyak melakukan pengeluaran yang sebenarnya tidak diperlukan.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini