Proyek Penerangan hingga Perbatasan Terkendala Akses Jalan

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2015 16:54 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 09 19 1193109 proyek-penerangan-hingga-perbatasan-terkendala-akses-jalan-NIVROvRUSx.jpg Ilustrasi: Okezone
JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) berjanji menerangi masyarakat yang tinggal di wilayah perbatasan dan pulau terpencil. Setidaknya terdapat 47 titik yang bakal diterangi dengan menggunakan pembangkit listrik tenaga diesel (PLTD).

Namun dari 47 titik, masih ada empat titik yang belum menyala. Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM Jarman mengatakan empat lokasi tersebut masih terganjal sempitnya jalan.

"Memang seperti daerah perbatasan sungai kering, nah solusinya kita pakai helikopter, di Papua masalah nya adalah jalan sulit dan jembatan rusak, solusinya dengan helikopter juga," ungkapnya pada diskusi Energi Kita, Minggu (9/8/2015).

Pihaknya mengaku mendapat bantuan dari personel TNI pada saat proses pengangkutan peralatan di wilayah yang aksesnya sulit dijangkau.

"Memang tantangan di daerah-daerah perbatasan, terpencil itu membawa peralatan ke arah situ. Tapi kita sudah mendapatkan pemecahan termasuk bantuan dari personel TNI," sebutnya.

Jarman bilang, jika 47 titik tersebut menyala, 34.178 orang bakal menikmati listrik.

"34.178 pelanggan yang bisa mendapat dari 47 lokasi, yang paling sulit ya karena itu daerah pulau terdepan dan perbatasan, sehingga tantangan nya adalah akses, janji pemerintah ditepati," tukasnya.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini