nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

OJK Buka Kesempatan Bank Syariah Kelola Dana BPJS

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Minggu 09 Agustus 2015 10:41 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2015 08 09 457 1192991 ojk-buka-kesempatan-bank-syariah-kelola-dana-bpjs-me8B51Ez2P.jpg Foto: Dok Okezone.
JAKARTA - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tengah menyiapkan sistem mekanisme syariah untuk Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).
 

Hal ini terkait dengan fatwa MUI hasil ijtima ulama di Tegal, Jawa Tengah, pada 7-10 Juni 2015 yang menyatakan bahwa BPJS Kesehatan belum sesuai syariah.

"Iya nanti kita cari mekanisme yang baik, sekarang kita dorong agar sistem BPJS bisa berjalan kembali normal," ungkap Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman D Hadad, di kawasan SCBD, Minggu (9/8/2015).

Lebih lanjut, Muliaman mengatakan, salah satu opsi yang diambil adalah penunjukkan bank syariah sebagai pengelolaan dana BPJS. Namun hal ini masih harus dibahas terlebih dahulu, termasuk perubahan Undang-Undang mengenai BPJS Kesehatan.

"Oh bisa saja, dana BPJS dikelola bank syariah, saya katakan tidak harus, bisa saja nanti makanya kita buat operasional, iya salah satu opsinya itu," tukasnya.

Sebelumnya, Direktur Utama BNI Syariah Dinno Indiano mengaku siap jika pemerintah memutuskan bank syariah sebagai pengelola dana BPJS.

"Kita sih oke-oke saja sepanjang itu tidak menimbulkan polemik, kita oke kita welcome," ungkapnya saat ditemui di Kantornya, Jumat (7/8/2015).

Menurutnya, jika pemerintah memutuskan hal tersebut, akan mendorong berkembangnya industri syariah di Indonesia.

"Artinya kebijakan semakin pro kepada syariah, harus lebih banyak lagi, kalau enggak (di dukung) asetnya bank syariah enggak bisa sampai 5 persen, Malaysia bisa (asetnya) 20 persen karena didukung pemerintahnya," tukasnya.

(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini