Jokowi: Belanja Modal Bakal Meroket Mulai Oktober

Hendra Kusuma, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2015 11:12 WIB
https: img.okezone.com content 2015 08 10 20 1193360 jokowi-belanja-modal-bakal-meroket-mulai-oktober-w8EcJ19fye.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, anggaran belanja modal akan meroket pada Oktober dan November 2015. Hal itu juga yang bisa menggerakkan perekonomian Indonesia menjadi lebih baik.

Jokowi menuturkan, melemahnya perekonomian Indonesia pada kuartal II-2015 selain dikarenakan melemahnya perekonomian dunia, juga karena lambannya peneyerapan belanja modal. Di mana, sampai Juni 2015 serapan belanja modal baru mencapai 12 persen.

"Saya sampaikan birokrasi kita nanti Oktober-November biasanya belanjanya meroket, bukan pertumbuhannya tapi belanjanya yang meroket, saya yakin itu, saya ngomong masa gak percaya. Tadi langsung dari menkeu," kata Jokowi di Gedung Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Senin (10/8/2015).

Saat melemahnya perekonomian Indonesia, Jokowi menegaskan, penyerapan belanja modal tiap-tiap kementerian dan lembaga bisa mencapai sekira 93 persen.

"Ada perlambatan 0,03 memang ada perlambatan ekonomi dunia, terus kita dorong bukan karena yang lain, tapi saya meyakini kemarin hitung-hitung tiap kementerian yang bisa di serap, tanya satu persatu, serapan angka akhir tahun 93 persen, yang ngomong menteri ini loh, saya menegaskan saja," tandasnya.

(rzy)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini