Image

Gara-Gara Garam, Kemenperin Digeledah Polda

Feby Novalius, Jurnalis · Senin 10 Agustus 2015 21:08 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 10 320 1193822 gara-gara-garam-kemenperin-digeledah-polda-5vqLakpvNw.jpg Ilustrasi korupsi. (Foto: Okezone)
JAKARTA - Direskrimsus Polda Metro Jaya menggeledah Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terkait dengan permasalahan bongkar muat di pelabuhan (dwelling time). Pasalnya, Kemenperin juga memberikan izin impor pada sebuah perusahaan.

Direktur Jenderal Kimia Dasar Kementerian Perindustrian, Muhamad Khayam, mengatakan bahwa penggeledahan ini terkait peningkatan kebutuhan industri garam PT Uni Chem Candi Indonesia.

"Jadi dulu itu kan setelah dibuka (impor garam) salah satunya ada PT Uni Chem Candi Indonesia ini. Intinya, terkait kapasitas permintaan PT Uni Chem Candi Indonesia lebih besar jika dibandingkan tahun sebelumnya," kata dia di Kemenperin, Jakarta, Senin (10/8/2015).

Menurutnya, izin tersebut diberikan kepada PT Uni Chem Candi Indonesia karena mereka mempunyai inovasi program senilai Rp500 miliar. "Mereka punya alasan yang kuat untuk itu. Kebutuhan garam mereka naik jadi 82,5 juta ton, sebelumnya hanya 5,5 juta ton," jelas dia.

Oleh karena itu, Kemenperin pun diperiksa lantaran izin tersebut terkait dengan masalah bongkar muat atau dwelling time yang terjadi di pelabuhan Tanjung Priok. "Ini dikaitkan sama dwilling time, jadi itu masalahnya, kebawa-bawa. Padahal ini sudah direkomendasikan, karena ada peningkatan kebutuhan bahan baku," tukas dia. (mrt)


(rhs)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini