Beda Kartu Kredit Visa dan Mastercard?

Kurniasih Miftakhul Jannah, Jurnalis · Rabu 12 Agustus 2015 05:43 WIB
https: img.okeinfo.net content 2015 08 11 457 1194373 beda-kartu-kredit-visa-dan-mastercard-3usY4j6uVr.jpg Ilustrasi: (Foto: Okezone)

JAKARTA - Di kalangan pengguna kartu kredit, nama-nama seperti Visa dan Mastercard sangat dikenal. Visa dan Mastercard adalah dua jaringan pembayaran yang saling bersaing.

Apa yang membedakan keduanya?

Bagi kebanyakan pemegang kartu kredit, keduanya mungkin hanya dianggap sebagai logo di sudut kartu. Namun yang harus diketahui, jaringan pembayaran ini memberikan tiga efek yang berbeda pada pemegang kartu.

Berikut adalah perbedaan dari kedua jaringan pembayaran ini, seperti dilansir dari Time.

Pertama, jaringan pembayaran akan mengelola manfaat atas nama penerbit kartu. Kartu penerbit biasanya menawarkan manfaat kepada pemegang kartu, seperti asuransi. Namun keuntungan yang ditawarkan ke pemegang kartu kredit dari setiap jaringan pembayaran bervariasi. Misalnya Visa bisa menawarkan perlindungan garansi namun jaringan lain tidak. Jadi perbedaan pertama adalah fasilitas yang diberikan Visa dan Mastercard berbeda.

Selain itu, Visa dan Matercard memiliki program manfaat premium seperti tambahan diskon bagi konsumen, seperti diskon tiket pesawat, dan fasilitas lain. Visa menawarkan programnya Visa Signature, sementara MasterCard fitur-fiturnya program World MasterCard dan Dunia Elite MasterCard. Jadi perbedaan kedua adalah manfaat premium yang diberikan Visa dan Mastercard.

Visa dan Mastercard Terus Bersaing Ketat

Keduanya masuk dalam pemenang kartu kredit terbaik di penghargaan Amerika Serikat (AS). Visa dan Mastercard memiliki jaringan yang berbeda. Visa diterima di puluhan juta pedagang dan 2,3 juta ATM di 200 negara dan wilayah. Sedangkan Mastercard juga bisa digunakan di puluhan juta pedagang yang tersebar di 210 negara. Perdedaan keduanya mungkin tergantung di masing-masing perusahaan di negara tertentu.

Mana yang Harus Anda Pilih?

Manfaat yang diberikan memang berbeda, tergantung dari penerbit kartu kredit. Tingkat manfaat kartu juga ditentukan penerbit kartu, bukan jaringan pembayaran. Untuk itu, Anda sebagai pengguna kartu kredit lebih baik fokus kepada syarat, manfaat-manfaat yang ditawarkan. Meskipun sangat mirip, Visa dan MasterCard sebenarnya menawarkan cukup perbedaan dalam beberapa situasi yang dapat mempengaruhi Anda untuk memilih satu kartu di atas.

(rzk)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini